Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Ditingkat Paud

Main Article Content

Aizzatul Farikhah
Nyssa Shofira

Abstract

Jurnal ini ditulis Berdasarkan pada hasil belajar anak yang tidak diberi motivasi belajar oleh orang tuannya. Hal ini dikarenakan sebagian orang tua beranggapan bahwa tugas memotivasi belajar hanya dilakukan oleh guru saja, padahal pada kenyataannya peran orang tua juga sangat penting. Anak yang tidak mendapat motivasi belajar dari orang tuanya saat pembelajaran cenderung lebih pasif, hasil belajarnya pun terkadang tidak bisa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM).


peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar Anak. Tujuan penulisan jurnal ini agar pembaca mengetahui bagaimana pentingnya peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. jurnal ini membuktikan bahwa anak yang memperoleh motivasi lebih baik daripada anak yang tidak mendapatkan motivasi belajar dari orang tuanya.


Kata kunci: Belajar, Motivasi, Orang Tua,.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farikhah, A., & Shofira, N. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Ditingkat Paud. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 36-41. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1803
Section
Articles

References

Choerul Anwar Badruttamam, “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Terhadap Peserta Didik,” Jurnal Cendekia 10, no. 02 (2018): 123–132
Wahidin, “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar,” Pancar 3, no. 1 (2019): 232–245
Aizzatul Farikhah, “Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pemberian Penguatan,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2021): 2101–2113

Permatasari, Heronita. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Kelompok B Di 5 Paud Di Wilayah Desa Wonorejo -Gondangrejo - Karanganyar Tahun 2013. UMY. Surakarta.
Sary, Y. N. E. (2015). Buku ajar psikologi pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing,30-47.
Setyo, Ari. (2015). Perkembangan Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orang TuaPada Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta. Umtas
Tridhonanto Al, dkk. (2004). Pola Asuh Demokratis. Jakarta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: RemajaRosda Karya