Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Anak dan Remaja

Main Article Content

Akhmad Syah Roni Amanullah
Devi Khavita Kharisma

Abstract

Orang tua sebagai pendidik pertama memiliki kewajiban untuk membimbing, melindungi dan mendidik anak. Keberadaan orang tua sangatlah penting, begitu juga peran orang tua sebagai dasar pertama bagi perkembangan kepribadian seorang anak. Salah satunya adalah terkait perkembangan emosional anak yang harus ditangani secara khusus, terutama Ketika anak sudah tidak lagi di fase kanak-kanak melainkan fase yang dikenal dengan remaja. Pengalaman sosial anak sangat menentukan kepribadian anak setelah ia menjadi remaja atau orang dewasa. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan emosi adalah pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua terbagi dalam tiga macam, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pola asuh orang tua terhadap emosi remaja. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif studi Pustaka. Jadi ternyata pola asuh yang diterapkan oleh orang tua Ketika masa kanak-kanak sangat berdampak besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan emosi remaja.


Kata Kunci: polah asuh; emosi, anak dan remaja.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amanullah, A. S. R., & Kharisma, D. K. (2022). Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Anak dan Remaja. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 42-48. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1804
Section
Articles

References

Achmad, Fadhilah, dkk.(2010). Hubungan tipe pola asuh orang tua dengan emotional quotien(eq) Pada anak prasekolah (3-5 tahun) di tk islam al- fattaah sumampir Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soedirman. Volume 5, No.1, Maret 2010. Page 52.
Aisyah, S. (2010). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat agresivitas anak. Jurnal medtek, 2(1).
Baumrid, (2012). Jenis Pola Asuh Anak. Jakarta: Glia Indonesia.
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ferieska. F & Yuliana, I.L(2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi Vol 12, No 2.
Mardatillah, A. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosional Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di Tk Budi Utama Jorong Seberang Parit Koto Tangah Batu Hampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota. Jurnal. FK-UMSB.
Marline, Ika. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V Sd Se-Gugus Ii Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. UNY. Skripsi
Muawanah, Siti, (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadp PerkembanganSosial anndar cAbung kecamatan abung surakarta Kabupaten lampung utara. (Skipsi ). Universitas Islam negeriraden Lampung.
Nurmagupta, Deasti. (2014). Tesis : Hubungan Pola Asuh Dengan Perilaku Seksual Beresiko pada Remaja di Kecamatan Bundong, Kabupaten Bantul DIY. Keperawatan Universitas Indonesia
Permatasari, Heronita. (2013). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Kelompok B Di 5 Paud Di Wilayah Desa Wonorejo -Gondangrejo - Karanganyar Tahun 2013. UMY. Surakarta.
Sary, Y. N. E. (2015). Buku ajar psikologi pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing,30-47.
Setyo, Ari. (2015). Perkembangan Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orang TuaPada Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Di Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta. Umtas
Tridhonanto Al, dkk. (2004). Pola Asuh Demokratis. Jakarta.
Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: RemajaRosda Karya