Pengaruh Pola Pengasuhan Anak Tanpa Orang Tua Terhadap Keamanan dan Kesehatan Mental Dampak dari penggunaan pengasuh tanpa kehadiran orang tua terhadap keamanan dan kesehatan mental anak usia dini
Main Article Content
Abstract
Dampak dari penggunaan pengasuh tanpa kehadiran orang tua terhadap keamanan dan kesehatan mental anak usia dini. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua, pengasuh, dan profesional dalam bidang kesehatan anak untuk meningkatkan kualitas pola asuh yang memperhatikan kebutuhan keamanan dan kesehatan mental anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka, menggunakan sumber-sumber seperti jurnal ilmiah, artikel, buku, dan referensi. Pengasuhan anak oleh pengasuh selain orang tua, seperti kakek-nenek atau baby sitter, dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan mental mereka. Peran pengasuh dalam meningkatkan kepercayaan diri anak melalui bimbingan dan dukungan obyektif serta bersikap rasional, karena setiap anak memiliki kepribadian yang unik, sehingga pembimbingan harus dilakukan dengan cara yang efektif tanpa kekerasan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Eva, N., Listina, A. K., Azri, A. N., C, A. C. S., Delma, A., & Dyatika, N. (2021). Perkembangan Sosio Emosional yang Tidak Tepat Akibat Pola Asuh pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa “Memperkuat Kontribusi Kesehatan Mental Dalam Penyelesaian Pandemi Covid 19: Tinjauan Multidisipliner”
Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang, (April), 29–42.
Kundre, R., & Bataha, Y. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Bekerja Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah (4 - 5 Tahun) Di Tk Gmim Bukit Moria Malalayang. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/jkp.v7i1.25202
Oktavianto, E., & Mubasyiroh, atul. (2017). Pelatihan Bermain pada Pengasuh dapat Meningkatkan. Pdfs.Semanticscholar.Org, 1(1), 20–29. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/a8dd/2520a7d34e8f7f09fa144581649f043b1942. pdf
Puspita, H. (2019). Kelekatan Anak dengan Pengasuh Tempat Penitipan Anak. Jurnal PG PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 49–55. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5374
RIYANA, S. (2023). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Raudotul Athfal (Ra) Khoiron Kupang Teba Bandar Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/29108/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/ 29108/1/COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf
Ruhdiyanto, D., Nurseha, A., Maemunah, N., Mulyadi, M., Wahyuni, A. S., Rohaeni, N., & Fadillah, M. (2023). Dampak Pola Asuh Anak Akibat Kehadiran Tenaga Kerja Wanita Di Luar Negeri Di Desa Gardu Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 246–254. https://doi.org/10.60126/maras.v1i2.48
Wulandari, A., Wardaya, U. W., & Pujiastuti, E. S. (2022). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Diferensiasi : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 103–115. Retrieved from https://jurnal.bbgpjabar.id/index.php/diferensiasi
Zain, Z. N., Dwi Laksana, S., & Syam, A. R. (2022). Strategi pengasuh dalam meningkatkan kemandirian anak asuh di Panti Asuhan. Journal of Islamic Education and Innovation, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.26555/jiei.v3i2.6719