Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Menggunakan Media Cerita Bergambar

Main Article Content

Akhmad Syah roni Amanullah
Liya fadlilah
Yunita Awwaliyah

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa menggunakan media cerita bergambar, dalam penelitian ini yaitu kemampuan berbahasa anak belum berkembang secara optimal seseuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan. Anak anak kesulitan dalam menjawab pertanyaan guru tentang aktivitas yang telah dilakukanya dan kesulitan dalam mengulang kalimat yang diucapkan oleh guru. Peningkatan kemampuan berbahasa anak dapat dilihat dari jumlah anak di kelompok A TK MIFAHUL ULUM Dusun Bango, Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan yang berjumlah 13 anak dengan kemampuan berbahasa sudah meningkat setiap siklusnya, baik dari siklus I sampai dengan siklus III. kondisi awal atau pra siklus perkembangan kemampuan berbahasa anak kategori berkembang sangat baik (BSB) hanya mencapai persentase 7,7%. Pada siklus pertama mengalami peningkatan menjadi 23,1%, siklus II mengalami peningkatan mencapai 53,9% dan pada siklus III kemampuan berbahasa anak kelompok A1 mengalami peningkatan mencapai 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di kelompok.
Kata Kunci: Anak usia dini, kemampuan berbahasa, cerita bergambar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amanullah, A. S. roni, fadlilah, L., & Awwaliyah, Y. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Menggunakan Media Cerita Bergambar. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 40-45. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2630
Section
Articles

How to Cite

Amanullah, A. S. roni, fadlilah, L., & Awwaliyah, Y. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Menggunakan Media Cerita Bergambar. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 40-45. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2630

References

Sadiman, Arief S. Media Pendidikan : Pengertian, Pengemabangan dan Manfaat. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 1993).

Salahudin. Anis. Penelitian Tindakan Kelas. (Bandung: Pustaka Setia. 2015).

Subar Junanto, latifah Permatasari F & diyah Kurniasari, “Implementasi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini”. (lectura, 2020.)

Stppa, U., Anak, P., & Dini, U. (2022). Usulan stppa pendidikan anak usia dini 5 - 6 tahun. 2, 43–55.

Sufiati, V., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan sosial emosi melalui cerita untuk anak usia dini. Jurnal CARE, 8(2).

Zubaedah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, December 2016, 1–17.

Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5678

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fitri, R., Hasibuan, R., & Setyowati, S. (2022). Neurokinestetik: Model Aktivitas Gerak pada Anak Usia Dini untuk Kesiapan Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7186–7203. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2106

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Children Advisory Research