
Original title | : | Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Short title | : | Awwaliyah |
Abbreviation | : | JAPGMI |
Frequency | : | 2 Volume (June and December) |
Number of articles per issue | : | 15 research articles and reviews per issue |
DOI | : | 10.58518/awwaliyah |
ISSN | : | 2621-5446 (Printed); 2656-7296 (Online) |
Editor-in-Chief | : | Muhammad Nur Hasan, S.Si., M.Sc. |
Publisher | : | |
Citation Analysis | : | Google Scholar, Crossref, Sinta, Garuda, Moraref, RG, Semantic |
Subject Area; Category | : | Pendidikan Dasar dan Pedagogik |
Discipline | : | Pendidikan Dasar, Media Pembelajaran SD/MI, Konsep dan Strategi Pembelajaran SD/MI, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar, Penelitian Tindakan Kelas, Konseling Islam Dasar, Model Pembelajaran Tingkat Dasar, dan bidang keilmuwan serupa lainnya. |
Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang mempublikasikan artikel orisinil yang mengungkap, mendiskusikan, serta mengeksplorasi pemikiran tentang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurnal Awaliyah juga menerima artikel hasil studi lapangan tentang praktek Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang orisinil, inovatif, serta progresif dengan berbagai jenis dan pendekatan riset serta menerima kajian pendidikan multi/interdisipliner disiplin ilmu. Jurnal Awwaliyah dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Lamongan dan akan terbit setiap enam bulan sekali pada bulan Juni dan Desember setiap tahun.
Current Issue
Vol. 8 No. 1 (2025): Awwaliyah: Jurnal PGMI
Alhamdulillah Rabb al-'Alamin, puji syukur panjatkan kehadirat Allah S.W.T Yang Maha Esa karena atas rahmat dan inayah-Nya sehingga Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini dapat terbit. Shalawat dan salam senantiasa tercurah keharibaan Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarga dan para pengikutnya termasuk para muhadditsin yang senantiasa memelihara dan menghidupkan sunnahnya. Sekalipun banyak didapatkan fenomena tentang kajian dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini, pengelola sudah berusaha mengumpulkan data-data yang mencakup kajian Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun demikian, pastilah ditemukan banyak kekurangan. Oleh karena-nya perbaikan dan koreksi menjadi tanggung jawab bersama. Redaksi menyadari sepenuhnya Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini telah melalui pengeditan dengan sempurna, paling tidak ini bisa menjadi langkah awal “starting point” untuk memotivasi penulis-penulis yang lain dalam meneliti untuk melahirkan karya-karya lain yang lebih baik, berbobot dan mempublikasikan dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini.
Published: 2025-06-30
Articles
Analisis Metode-Metode Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah
1-15



Epistemologi Burhani dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah
16-24



Studi Literatur: Karakteristik Perkembangan Peserta Didik di Sekolah Dasar
50-61



Penanaman Nilai Karakter Religius dan Disiplin pada Siswa SD Melalui Kegiatan Shalat Dhuha
62-74



Etika Profesi Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa
75-83



Kebijakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Transformatif Plus terhadap Lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
84-93



Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
94-103



Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Canva "PEKSI" tentang Etika Kegiatan Jual Beli pada Pembelajaran PAI Kelas 3 SD
104-114



Penerapan Metode Membaca Cerita Sains untuk Mengembangkan Literasi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV
115-123



Penerapan Pendekatan Understanding by Design Berbasis Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Parittiga
124-155



Strategi Madrasah dalam Pembinaan Prestasi Peserta Didik
156-168



Upaya Guru dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Siswa di MIM 11 TPAY Blimbing
169-175



Wasathiyah dalam Kurikulum PAI Terintegrasi: Sebuah Pendekatan Fenomenologi dan Sosiologi di SD Bina Anak Sholeh Tuban
176-189



Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Orde Baru: Tantangan dan Peluang
190-202



The Effect of Project Based Learning Model and Learning Styles on Students’ Learning Outcomes
203-212


