Penerapan Teori Belajar Kontekstual Perspektif John Dewey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Metode belajar dalam kegiatan pembelajaran sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Seorang guru harus memiliki strategi tersendiri dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya. Guru tidak bisa hanya berfokus pada transfer ilmu dan sistem hafalan sebagaimana metode konvensional yang masih banyak diterapkan. Guru diharapkan memiliki inovasi dalam merencanakan strategi pembelajaran termasuk dalam materi pendidikan agama Islam. Salah satu metode yang sangat efektif ialah dengan menerapkan teori belajar kontekstual. Peserta didik akan terlibat langsung secara penuh dalam kegiatan pembelajaran. Guru mengarahkan peserta didik untuk mencari dan menemukan sendiri pengetahuan terkait materi agama Islam melalui kehidupan nyata peserta didik. Sehingga akan terbentuk pengetahuan yang utuh dan bermakna serta mampu menerapkan materi pelajaran yang sudah dipelajari dalam kehidupannya sehari-hari.
Arif, Saiful. “Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pai Di Smpn 2 Pamekasan.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2015): 251–268.
Fatimah, Siti. “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun,” Jurnal Kumara Cendekia 7, no. 3 (September, 2019), 328.
Ibrahim, Henra. “Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smp Negeri 2 Pinrang.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (2018): 73–84.
Kadir, abdul. “Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah.” Dinamika Ilmu 13, no. 3 (2013): 17–38.
Lestari, Ade. “Penerapan Contextual Teaching and Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan Siswa SD Negeri No 136917 Kota Tanjungbalai),” Edu Religia 1, no. 3 (September, 2017), 419,
Mailani, Ikrima. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal AL-HIKMAH 1, no. 1 (2019): 16–25.
Majid, Abdul. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Ramdani, Emi. “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter,” Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10, no. 1 (2018), 4.
Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021.
Tamam, M. Badrut. “MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP AL-AZHAR BANJAR PATROMAN.” Jurnal Kependidikan 3, no. 2 (2015): 89–108.
Setiawan, Panji dan Dewa Nyoman Sudana, “ Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2, no. 3 (Oktober, 2019), 240.
Sinaga, Marudut dan Saronom Silaban, “Implementasi Pembelajaran Kontekstual untuk Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia,” Gagasan Pendidikan Indonesia 1, no. 1 (2020), 34.
Suhartoyo, Eko. “Pembelajaran Kontekstual dalam Mewujudkan Merdeka Belajar,” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 3 (Juli, 2020), 163.