Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal
Dalam tahap awal pembentukan dan penanaman ilmu pendidikan yang akan diterima oleh
setiap individu tentu akan dimulai dari dalam atau dari yang terdekat, yaitu keluarga atau
lingkungan terdekatnya sebagai pendidikan pertama atau pendidikan informal.
Penanaman ilmu pun tidak hanya dari satu sisi, maka dari itu pendidikan agama pun perlu
di tanamkan sejak dini melalui pendidikan informal. Pendidikan agama islam yang
berfungsi sebagai salah satu faktor pendorong dalam pembentukan pendidikan yang baik
untuk kedepannya. Maka dari itu penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan
informal tentu membutuhkan bekal dan persiapan yang baik dari segala sisi untuk
pemberian dan penerapan hal tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode studi
pustaka dan memiliki referensi dari jurnal yang diakses dari Scholar.
Anshory, A. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pendidikan Islam
Informal pada Remaja: Solusi di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Penelitian
Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18 (3), 302–313.
Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Infromal,
Non Formal dan Formal. XXIV(1).
Hidayat, Andi. 2018. “Fenomena" : Jurnal Penelitian.” 10(1): 55–76.
Karsiyah, Q. A. &. (2017). Konsep Kesatuan Iman, Iptek dan Amal Menuju Terbentuknya
Insan Kamil dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan, 2, 77–114.
M.Ilham, A. &. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal
Terhadap Pembinaan Karakter Anak. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 31–44
Nudin, B. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Anak
Usia Dini Melalui Metode Montessori di Safa Islamic Preschool. Millah: Jurnal Studi
Agama, XVI(1), 41–42.
Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. 29,
85–99.
Nurlaili. (2013). Metedologi Pendidikan Islam Formal-Informal (Analisis Pendidikan Di
Rumah Dan Sekolah). 12(1), 152–165.
Octaviani. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa
Kutawaringin Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.
Priyantoro, A. R. & D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan
Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan:Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 6(1), 1–16.
Rizky, R. N., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Tua, O. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam
Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua. Jurnal Interaksu: Jurnal Ilmu
Komunikasi, 1(2), 206–219.
Siregar, M. H. & L. M. (2017). Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia
Paripurna. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 148–163.
Sudiapermana, E. (2009). PENDIDIKAN INFORMAL. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).
Ulfah, M. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa
Campang Lapan Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan Skripsi. UIN Raden Intan
Lampung.
Priyantoro, A. R. & D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan
Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan:Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 6(1), 1–16.