Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal

Dalam tahap awal pembentukan dan penanaman ilmu pendidikan yang akan diterima oleh
setiap individu tentu akan dimulai dari dalam atau dari yang terdekat, yaitu keluarga atau
lingkungan terdekatnya sebagai pendidikan pertama atau pendidikan informal.
Penanaman ilmu pun tidak hanya dari satu sisi, maka dari itu pendidikan agama pun perlu
di tanamkan sejak dini melalui pendidikan informal. Pendidikan agama islam yang
berfungsi sebagai salah satu faktor pendorong dalam pembentukan pendidikan yang baik
untuk kedepannya. Maka dari itu penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan
informal tentu membutuhkan bekal dan persiapan yang baik dari segala sisi untuk
pemberian dan penerapan hal tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode studi
pustaka dan memiliki referensi dari jurnal yang diakses dari Scholar. 

Cara Mengutip
Yulianti, A., Hilma Ashyla, F., Indah Pertiwi, M., & Fajrussalam, H. (2025). Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 82-87. https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1406

Asri Yulianti

Universitas Pendidikan Indonesia

Fatika Hilma Ashyla

Universitas Pendidikan Indonesia

Melani Indah Pertiwi

Universitas Pendidikan Indonesia

Hisni Fajrussalam

Universitas Pendidikan Indonesia

Anshory, A. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pendidikan Islam

Informal pada Remaja: Solusi di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi: Jurnal Penelitian

Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18 (3), 302–313.

Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Antara Hubungan Pendidikan Infromal,

Non Formal dan Formal. XXIV(1).

Hidayat, Andi. 2018. “Fenomena" : Jurnal Penelitian.” 10(1): 55–76.

Karsiyah, Q. A. &. (2017). Konsep Kesatuan Iman, Iptek dan Amal Menuju Terbentuknya

Insan Kamil dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan, 2, 77–114.

M.Ilham, A. &. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal

Terhadap Pembinaan Karakter Anak. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 31–44

Nudin, B. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Anak

Usia Dini Melalui Metode Montessori di Safa Islamic Preschool. Millah: Jurnal Studi

Agama, XVI(1), 41–42.

Nurfalah, Y. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak. 29,

85–99.

Nurlaili. (2013). Metedologi Pendidikan Islam Formal-Informal (Analisis Pendidikan Di

Rumah Dan Sekolah). 12(1), 152–165.

Octaviani. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa

Kutawaringin Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.

Priyantoro, A. R. & D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan

Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan:Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(1), 1–16.

Rizky, R. N., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Tua, O. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam

Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua. Jurnal Interaksu: Jurnal Ilmu

Komunikasi, 1(2), 206–219.

Siregar, M. H. & L. M. (2017). Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia

Paripurna. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(2), 148–163.

Sudiapermana, E. (2009). PENDIDIKAN INFORMAL. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2).

Ulfah, M. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa

Campang Lapan Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan Skripsi. UIN Raden Intan

Lampung.

Priyantoro, A. R. & D. E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan

Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. As-Sibyan:Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 6(1), 1–16.