Kajian Teoritis Manajemen Kurikulum Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Pendidikan yang berkualitas merupakan faktor utama dalam membentuk individu yang terampil dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Manajemen kurikulum memiliki peran yang sangat krusial dalam memastikan efektivitas proses pembelajaran melalui perencanaan, implementasi, dan evaluasi yang sistematis. Kurikulum yang dirancang dengan baik harus dapat memberikan pengalaman belajar yang berarti kepada siswa selain berkonsentrasi pada penyampaian pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen kurikulum sebagai sarana untuk meningkatkan standar pendidikan. penelitian ini menggunakan metode dengan jenis studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai literatur, yang relevan dengan tema bahasan, kemudian dianalisis secara kritis untuk menghasilkan kesimpulan yang komprehensif. Hasil penelitian ini yaitu manajemen kurikulum yang baik sangat berkontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan. Perencanaan kurikulum yang matang memungkinkan penyesuaian dengan kebutuhan peserta didik dan perkembangan zaman. Implementasi yang tepat memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran, sementara evaluasi berkelanjutan memberikan umpan balik untuk penyempurnaan kurikulum. Selain itu, pemanfaatan bahan ajar dan media pembelajaran yang sesuai membantu menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan mendalam. Kesimpulannya, manajemen kurikulum yang terstruktur dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara signifikan. Maka dari itu, suatu institusi pendidikan perlu menerapkan strategi yang sistematis dalam mengelola kurikulum agar pembelajaran berjalan optimal dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Cara Mengutip
Ichda Kayisa, N., Ahid, N., & Nadhirroh Fatma Yuthi, S. (2025). Kajian Teoritis Manajemen Kurikulum Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 64-77. https://doi.org/10.58518/darajat.v8i1.3102

Nur Ichda Kayisa

Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

Nur Ahid

Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

Salma Nadhirroh Fatma Yuthi

Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

Al- Jauzy, Muhammad Hafidz , Hendi Perdana, dan Ilham Ramdani. “Implementasi Manajemen Evaluasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMK Muhammadiyah Delanggu”, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), Vol. 2 No. 2 (2024): 86–95.

Apriono, Risal, Zulfa Izzatul Ummah, "Model Evaluasi Kurikulum Dalam Proses Pembelajaran.” IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary 2 (2024): 270–81. https://journal.csspublishing/index.php/ijm.

Depdiknas. “Panduan Penilaian Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,” 2017, 100.

Hasanah, Hoirotul, et.al. “Strategi Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2, no. 2 (2024): 236–43. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.249.

Hasnawati. “Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Anak Pada TK Handriani.” Cokroaminoto Journal of Primary Education 4, no. 2 (2021): 93–101. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.612.

Hidayati, Nurul, dan Susanti. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 19 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 1, no. 3 (2013): 1–18.

Hidayati, Wiji, S Syaefudin, and Umi Muslimah. "Manajemen Kurikulum Dan Program Pendidikan (Konsep Dan Strategi Pengembangan)". Yogyakarta: Semesta Aksara, 2021.

Jahari, Jaja, Heri Khoiruddin, and Hany Nurjanah. “Manajemen Peserta Didik.” Isema 3, no. 2 (2018): 170–80.

Lazuardi, Dedi. "Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembagan Tujuan Pendidikan", Al-Idarah 7, no. 1 (2017): 99–112.

Muttaqin, Muhammad. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2021): 1–16. https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.88.

Nasbi, Ibrahim. “MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 318–30. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4274.

Nashihin, M. . (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Al Qur’an Hadits. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 161-169. https://doi.org/10.58518/darajat.v4i2.1752

Oktapiani, Marliza. “Perencanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Indonesia.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019): 87. https://repository.uia.ac.id/wp-content/uploads/2022/03/JURNAL_Marliza_2.pdf.

Print, Murray. Curriculum Development and Design. Cetakan 2. New York: Routledge, 1993.

Salim Salabi, Agus. “Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah.” Education Achievement: Journal of Science and Research 1, no. 1 (2022): 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177.

Sari, Nona Kumala. “Pentingnya Manajemen Kurikulum Dalam Pengelolaan Pendidikan.” At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora 5, no. 1 (2021): 37–48.

Suryana, Yaya, dan Fadhila Maulida Ismi. “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 4, no. 2 (2019): 257–66. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.6026.

Syafaruddin, Amiruddin MS. “Manajemen Kurikulum.” Medan: Perdana Publishing, 2017.

Yurni, Samsila, dan H. Erwin Bakti. “Pengembangan Kurikulum Di Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan,” 2016, 293–306.