Upaya Guru Dalam Mempertahankan Hafalan Juz 30 Melalui Metode Muraja’ah Pada Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Amanah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mempertahankan hafalan Juz 30 melalui metode muraja'ah pada santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al Amanah. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan suatu informasi secara mendalam mengenai pelaksanaan muraja'ah di madrasah tersebut. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen, dengan triangulasi sebagai metode validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muraja'ah dilaksanakan setiap hari sebelum pelajaran dimulai dengan metode bin nazhar (melihat mushaf) untuk santri pemula dan bil ghaib (tanpa melihat mushaf) untuk santri yang lebih mahir. Selain itu, terdapat program muraja'ah intensif setiap hari Jumat khusus untuk kelas III dan IV. Metode ini terbukti efektif dalam menjaga hafalan santri agar tidak mudah lupa. Meskipun demikian, pelaksanaannya menghadapi berbagai tantangan, di antaranya keterbatasan waktu belajar di rumah, gangguan konsentrasi, pemahaman terhadap makna ayat yang kurang, dan minimnya dukungan orang tua. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan pendampingan pribadi dan berupaya melibatkan orang tua dalam proses tahfidz di rumah. Secara keseluruhan, metode muraja'ah di MDTA Al Amanah efektif dalam mempertahankan dan memperkuat hafalan Juz 30, namun optimalisasi dukungan dari keluarga dan lingkungan belajar yang kondusif tetap diperlukan.
Achadah, H. (2024). Penerapan metode muraja’ah dalam meningkatkan kwalitas hafalan al-qur’an di pondok pesantren an-nur 3 murah banyu tahfidzul qur’an bululawang. JIPI, 3(1), 16-30. https://doi.org/10.58788/jipi.v3i1.4149
Aflahah, S., Nisa, K., & Aldeia, A. (2023). The role of education in strengthening religious moderation in indonesia. Jurnal Smart (Studi Masyarakat Religi Dan Tradisi), 9(2), 193-211. https://doi.org/10.18784/smart.v9i2.2079
Ashari, M., Faizin, M., Yudi, U., Aziz, Y., Irhamni, H., & Athoillah, S. (2023). Considering local government policies related to madrasah diniyah takmiliyah in indonesia. Tafkir Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 414-429. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i3.411
Cahyani, M. and Attalina, S. (2024). Penanaman pendidikan karakter religius melalui apel pagi dan murajaah surat pendek di sdit makarimal akhlaq. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(2), 393. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2.56593
Fauziah, A. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi menghafal al-qur’an pada program tahfidz di sd islam al-azhaar tulungagung. The Elementary Journal, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.56404/tej.v1i1.47
Ginting, R., Rasyid, H., Mulan, I., & Ramadhan, H. (2024). Analisis penggunaan audio murottal dalam membantu muraja’ah dan dampaknya terhadap kualitas hafalan al-qur’an santri pondok pesantren tahfizh yayasan wakaf surro man roa. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 13(2), 109-132. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v13i2.1212
Hirlan, H. (2024). Implementation of hypnotherapy methods to improve al-qur’an memorization at the institute of nurul ulum mertak tombok. El Midad, 16(1). https://doi.org/10.20414/elmidad.v16i1.10020
Hirzulloh, M. (2024). The urgency of non-formal islamic education (madrasah diniyah). ssa, 2(1), 185-198. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i1.4945
Ihsanudin, N. and Soleh, N. (2023). Pengaruh metode talaqqi terhadap hafalan juz ‘amma siswa sd it muhammadiyah bukit gajah kecamatan ukui. Al-Ihda Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(2), 1077-1089. https://doi.org/10.55558/alihda.v18i2.104
Ilyas, M. (2020). Metode muraja’ah dalam menjaga hafalan al-qur’an. Al-Liqo Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1-24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Ismail, I., Wardi, M., Supandi, S., & Ridho, A. (2022). Pembelajaran tahfidh juz ‘amma anak usia dini. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3855-3867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2015
Itazza, F. (2024). Strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz amma siswa kelas v di madrasah ibtidaiyah terpadu ushuluddin tahun pelajaran 2023/2024. Al Bina, 1(2), 54-78. https://doi.org/10.62814/albina.v1i2.40
Jannah, K. and Azani, M. (2024). Upaya peningkatan kualitas lembaga pendidikan islam nonformal. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 715-725. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.2646
Kania, I., Drajat, M., Syaprudin, D., Mukti, S., & Wulandari, D. (2024). Hubungan kemampuan membaca al-qur’an terhadap kualitas hafalan al-qur’an juz 30. Paedagogie Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.52593/pdg.05.2.05
Masithah, M. (2023). Pemanfaatan media smart hafiz dalam meningkatkan hafalan al-qur’an bagi anak usia dini. Jurnal Alwatzikhoebillah Kajian Islam Pendidikan Ekonomi Humaniora, 9(1), 210-219. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v9i1.1640
Nadimin, N., Thamrin, A., Amir, A., Zahrah, N. I., & Agussalim, A. (2024). Obesity affects the ability to memorize the quran of santriwati at darul aman islamic boarding school. International Journal of Religion, 5(10), 5174-5179. https://doi.org/10.61707/54ftf840
Rosadi, D. and Gumiandari, S. (2023). Efektifitas metode sahal dalam menjaga kualitas hafalan al-qur’an di stiq al-multazam kuningan jawa barat. Turast Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 11(1), 1-20. https://doi.org/10.15548/turast.v11i1.5887
Salma, N. and Aini, R. (2025). Upaya guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan juz 30 siswa melalui pelajaran btq di smk baitussalam pekalongan. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia) Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(4), 143. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v10i4.87682
Sulaiman, H. and Ramdani, D. (2024). Efektivitas penggunaan metode hafalan muraja'ah terhadap kemampuan imla' manqul di mts ponpes cipari garut. masagi, 3(1), 130-140. https://doi.org/10.37968/masagi.v3i1.674
Sulistiyawati, S. and Amirudin, N. (2024). The role of farmers in developing the existence of madrasah diniyah takmiliyah wustho al-munawaroh. Edu-Religia Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 6(2), 148-157. https://doi.org/10.52166/edu-religia.v6i2.5828
Sumiati, T. (2023). Pengembangan keprofesian berkelanjutan (pkb) guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan keprofesian. Jurnal Tahsinia, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.356
Ubaidillah, U., Rachmanto, A., Ohorella, M., Abadi, C., & Lestari, R. (2025). Peran guru dalam peningkatan hafalan al-qur'an juz 30 melalui program lalaran di sekolah dasar. Academicus, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.59373/academicus.v4i1.78
Dharma, H. S., Khaeroni, C., & Widayat, P. A. (2024). Metode tahfidz al-qur’an di pondok pesantren tahfidz putra putri bustanu usysyaqil qur’an tulang bawang. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 5(1), 91-97. https://doi.org/10.24127/profetik.v5i1.7450
Sahfitri, W. D., Harahap, S. M., & Hasibuan, H. (2023). Metode pembelajaran tahfiz qur’an dalam menguatkan hafalan santri di pondok pesantren al-ansor manunggang julu kota padangsidimpuan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 53-65. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.12924
Rakasiwi, A., Kusnadi, K., & Hamandia, M. R. (2024). Strategi dakwah lembaga pendidikan qur’an al-muhajirun dalam memberantas buta huruf al-qur’an pada masyarakat kota baturaja kabupaten ogan komering ulu. Pubmedia Social Sciences and Humanities, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pssh.v1i4.211
Hendrawati, W., Rosidi, R., & Sumar, S. (2020). Aplikasi metode tasmi' dan muraja'ah dalam program tahfidzul quran pada santriwati di ma'had tahfidz hidayatul qur'an desa puding besar. LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.32923/lenternal.v1i1.1272
Faridah, A. and Asy’ari, H. (2024). The strategy of the head of madrasah in shaping the quality of student tahfidz. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(2), 160-170. https://doi.org/10.31538/cjotl.v3i2.1110
Haidir, H., Mardianto, M., Azzah, S. I., Ramadhani, T. W., & Rahmadhani, R. A. (2023). Pengaruh pendampingan orang tua terhadap minat belajar baca tulis al-qur’an siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(1), 771-778. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4542