Penerapan Pendekatan Understanding by Design Berbasis Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Parittiga

This study aims to determine whether there is an effect of implementing the Understanding by Design (UbD) approach based on Assemblr EDU on the learning outcomes of Science and Social Studies (IPAS) among grade V students at SD Negeri 7 Parittiga, compared to students who were not taught using this approach. The research method used is quantitative, with a type of Quasi-Experimental Design in the form of a Nonequivalent Control Group Design. The population in this study consisted of all grade V students at SD Negeri 7 Parittiga. The sampling technique used is non-probability sampling, specifically census/total sampling. Based on the data analysis results, the value of t-count > t-table (2.253 > 2.024), thus H₀ is rejected and Hₐ is accepted. Likewise, the significance value (2-tailed) = 0.030 < 0.05. This indicates that there is a significant effect of implementing the Understanding by Design (UbD) approach based on Assemblr EDU on the IPAS learning outcomes of grade V students at SD Negeri 7 Parittiga compared to those not taught using this approach. Therefore, the implementation of the Understanding by Design approach based on Assemblr EDU is effective in improving the IPAS learning outcomes of grade V students.

How to Cite
Penerapan Pendekatan Understanding by Design Berbasis Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Parittiga. (2025). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 124-155. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3602

Alpaini Himarika Paini

Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Masagus Firdaus

Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Evi Rosmiyati

Universitas PGRI Palembang, Indonesia

Annisa, N., Iskandar, S., & Nuraeni, F. (2024, September). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Assemblr Edu Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Pada Materi Fotosintesis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 848-857.

Astuti, E. (2022, Desember 3). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 671-680.

Bastian, A., & Reswita. (2022). Model dan Pendekatan Pembelajaran. (S. Wahyuni, Ed.) Indramayu: Penerbit Adab. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/MODEL_DAN_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN/6TOKEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan pembelajaran&pg=PA22&printsec=frontcover

Chairudin, M., Nurhanifah, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Hadi, M. S. (2023, Juni 2). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi Assemblr Edu Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4, 1312-1318.

Dinda, S., & Atmojo, S. E. (2024, Mei). Efektivitas Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 1 Padokan. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14, 48-57. doi:10.24929/lensa.v14i1.399

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1-17.

Hasanah, A., Amelia, C. R., Salsabila, H., Agustin, R. D., Setyawati, R. C., Elifas, L., & Marini, A. (2023, November). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran ipas: Upaya memaksimalkan pemahaman siswa tentang budaya lokal. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3, 33-44.

Kemendikbudristek. (2023). PPG dalam Jabatan. Riau: Pendidikan Profesi Guru.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik: Penelitian Pendidikan. (A. Margaretha, & E. Harapan, Eds.) Palembang: NoerFikri Offset.

Leni, M., & Sholehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66-74.

Lestari, D., Rusimamto, P., Harimurti, R., & Agung, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 5(2), 225-232.

Natala, V., Vanalita, M., Pratama, A., & Astuti, M. (2023). Implementasi Understanding By Design Dalam Kegiatan Pembelajaran: Literatur Review. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Ke-2, 111-116.

Pagarra, H., Syawaludin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Rahadi, I. S., Wikanta, I. A., Suardika, K. W., & Umam, E. K. (2023). Panduan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Understanding by Design. (M. Hidayat, & M. Islamiah, Eds.) Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Resa, A. (2023, April). Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Pendekatan Understanding By Design. Jurnal primary, 4, 1-8.

Riduwan. (2020). Dasar-dasar Statistik. (P. Iswarta, Ed.) Bandung: Cv Alfabeta.

Rijal, & Asriani, L. (2022, juni). Pengaruh Pemahaman Siswa Dalam Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Melalui Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Korespondensi. Jurnal Pendidikan Ips, 3(1), 45-51.

Sakila, R., Lubis, N., Saftina, Mutiara, & Asriani, D. (2023, Februari 10). Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari. Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 119-123.

Sari, Anggita, R., & Suneki, S. (2024). Penerapan Understanding By Design dalam Perencanaan Pembelajaran Penegakkan dan Perlindungan Hukum di Indonesia. Edulnovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4, 881-891. doi:47467/eduinovasi.v4i3.2310

Setiyawati, N., & Septiani, U. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 170-174. doi:10.30596/jppp.v4i3.16126

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (3 ed.). (A. Nuryanto, Ed.) Bandung: Cv Alfabeta.

Suhelayanti, Syamsiah, Z., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). (R. Watrianthos, & J. Simarmata, Eds.) Langsa: Yayasan Kita Menulis.

Surat, I., Wahada, N., & Treesyayanthi. (2024, juni). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Prinsip Understanding By Desain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(3). doi:10.61132/arjuna.v2i3.803

Sutanto. (2024). Studi Kasus Penerapan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran Matematika Kelas 5 di SD Negeri 1 Selo Kecamatan Tawangharjo. JGSD: Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1, 27-34. doi:10.70277/jgsd.v1i3.4

Wulandari, Hidayat, S., & Wulandari, E. (2023). The Understanding by Design Strategy in 21st Century Education. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 169-179.

Yandi, A., Putri, A. N., & Putri, Y. S. (2023, januari 1). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1, 13-24. doi:10.38035/jpsn.v1i1.14

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.