Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Perluasan Pasar di Era Industri 4.0
Main Article Content
Abstract
Penggunaan Teknologi informasi semakin tahun semakin meningkat, Era Industri 4.0 merupakan fenomena kemajuan teknologi baik teknologi informasi dan teknologi otomatisasi, saat era 4.0 pola kerja masyarakat dan tatacara berkomunikasi nya sudah mulai berubah yaitu dengan menggunakan teknologi informasi bahkan banyak dikalangan masyarakat utamanya para pemuda dan pemudi tidak bisa terpisahkan dengan penggunaan gadget atau smart phone tercatat dalam tiap tahunnya terjadi peningkatan yang signifikan, layanan yang disediakan oleh perkembangan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik sehingga model komunikasi periklanan dan model komunikasi penjualan dibarengi dengan pemanfaatan teknologi yang baik dan tepat. Industry 4.0 mengharuskan pengguna untuk cermat dalam menentukan pemanfaatan teknologi informasi.
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
How to Cite
References
Ahmadi, Mubarok, and Tri Tami Gunarti. “Etika Berkomunikasi Di Media Sosial Dalam Mensikapi Informasi Penyebaran Covid 19 Di Lamongan.” Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (2021): 31–38.
Asmajasari, Magdalena. Study Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. MALANG: UMM PRESS, 1997.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Hasil Survei Profil Internet Indonesia 2022. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta, 2022. Accessed July 1, 2022. https://apjii.or.id/content/read/39/559/Hasil-Survei-Profil-Internet-Indonesia-2022.
Belajarekonomi. “Sistem Komunikasi Periklanan Dan Model Periklanan.” Belajarekonomi.Com.
Irfani, Hadi, Fitri Yeni, and Rika Wahyuni. “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.” JCES (Journal of Character Education Society) 3, no. 3 (2020): 651–659. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1.2799https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX.
Jatmiko. “Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar.” Universitas Esa Unggul. Last modified 2014. Accessed July 1, 2022. https://www.esaunggul.ac.id/komunikasi-pemasaran-sebagai-strategi-memperluas-pasar/.
Kevin, Kevin, and Sinta Paramita. “Komunikasi Pemasaran Terhadap Brand Awareness Brand Rockickz.” Prologia 4, no. 1 (2020).
Kominfo. “Apa Itu Industri 4.0 Dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya.” Kominfo.Go.Id.
Lestari, and Sinta Petri. “Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Produk.” Jurnal Interakasi 4, no. 2 (2015): 139–147.
Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. “N“Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika.” JURNALTATSQIF 16, no. 1 (2018): 42–54.
Solfarino, Tito. “Komunikasi Pemasaran Grand Zuri Hotel Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Di Kota Padang Sumatra Barat.” Jom FISIP 4, no. 1 (2017): 1–13.
Sukoco, Andrean, Sampir. NEW Komunikasi Pemasaran: Teori Dan Aplikasinya. Jember: CV. Pustaka Abadi, 2018.
“Macam-Macam Model Penjualan Yang Bisa Diterapkan Dalam Bisnis.” Accessed May 3, 2022. https://www.jojonomic.com/blog/model-penjualan/.