Penanaman Karakter Disiplin dalam Kegiatan Apel Pagi di SD Negeri Panggung Lor

Main Article Content

Miladia Nur Istighfaroh
Ferina Agustini
Muhammad Prayito
Trinil Wigati

Abstract

ABSTRAK: Penanaman pendidikan karakter disiplin pada peserta didik tidak hanya  dilakukan dengan cara pengintegrasian  karakter ke dalam mata pelajaran saja akan tetapi dilakukan pula melalui pembiasaan salah satunya pembiasaan apel pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin dalam kegiatan apel pagi di SD Negeri Panggung Lor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SD Negeri Panggung Lor dengan subjek guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang terkumpul kemudian diolah untuk disajikan sebagai data yang utuh. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan penanaman karakter disiplin dalam kegiatan apel pagi di SD Negeri Panggung Lor diantaranya siswa dapat menaati peraturan sekolah dengan berangkat lebih awal dan memakai seragam lengkap. Siswa dapat lebih teratur saat baris berbaris di lapangan untuk melaksanakan apel pagi. Budaya antri saat berjalan menuju lapangan ini selain menumbuhkan karakter disiplin juga menumbuhkan kesabaran, solidaritas, sikap menghargai dan tenggang rasa terhadap orang lain.


Kata kunci : Pendidikan Karakter, Karakter disiplin, Kegiatan Apel Pagi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Miladia Nur Istighfaroh, Ferina Agustini, Muhammad Prayito, & Trinil Wigati. (2023). Penanaman Karakter Disiplin dalam Kegiatan Apel Pagi di SD Negeri Panggung Lor. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1485
Section
Articles text

References

Ahamd et al., “Pembiasaan Dzikir Pagi Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Mi Ma’arif Nu Sunan Drajat Lamongan,” Jurnal Akademika, 12 no. 2 ( Desember 2018): 170-180
Annis, F, “Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10 no 1, (Juni 2019): 1-7. doi:https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102 Bakhtiyar, “Internalisasi Nilai-Nilai Moralitas Dan Kesantunan Pada Anak Usia Dini,” Journal of Urban Sociology 10, no. 1 (Juni 2019) https://doi.org/10.30742/jus.v1i1.565
Lestari et al., “Application of Student Discipline Movement (GDS) as School Culture for Strengthening School Student Characters in Junior High School,” International Journal Pedagogy Of Social Studies 2, no. 2 (Juli 2019) 79-85
Maunah,Binti, ”Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa,” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 1 (Desember 2015) 90
Samani et al., Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2016),121.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.( Bandung: CV. Alfabeta,2016).
Prasetyo et al., “Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2, no. 3 (Juli 2019)
Puspita et al., “Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Siswi SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematik 2, no. 2 (Desember 2020)
Rachmayanti,Sofia, “Analisis Faktor Yang Menghambat Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa di SDN 02 Serut.” Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 16, no. 2 (Agustus 2019) 80-89
Raikhan “Sistem Pendidikan Dalam Ayat-Ayat Kisah Maryam dan Nabi Isa as” Madinah: Jurnal Studi Islam, Vol. 8 Nomor 2, 2021
Rohman, Fatkhur, “Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah.” Kebangkitan Bahasa Arab 4, no. 1 (Juli 2018) 107-114
Rumia, “Analisis Tingkat Kedisiplinan Peserta didik Sebelum dan Sesudah Prakerin di SMK Negeri 3 Tarakan.” Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3, no. 1 (Juni 2015) 112 – 120, ISSN: 2337-7615
Triyani,Eva et al., “Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas III.” Jurnal Kependidikan Dasar 10, no. 2 (April 2020) 118-122
Wuryandani, “Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian di Muhammadiyah Boarding School.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2, no. 1 (Mei 2016) 207-213