Implementasi Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas Xi SMA Negeri 4 Bukittinggi

Main Article Content

Andy Riski Pratama

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan siswa masih kurang dalam proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Tujuan dilakukan penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan dari penerapan metode Brainstorming pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Syaja’ah dan kaitannya dengan permasalahan Degredasi moral di zaman sekarang di kelas XI SMA Negeri 4 Bukittinggi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan menggunakan informan kunci yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan informan pendukungnya adalah siswa kelas XI. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan data observasi dan wawancara untuk menguji keakuratan data. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kendala dalam penerapan metode Brainstorming pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penggunaan metode Brainstorming yang belum bisa diterapkan secara maksimal, dalam pelaksanaannya belum sesuai dengan langkah- langkah dari metode Brainstorming


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andy Riski Pratama. (2023). Implementasi Metode Brainstorming Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas Xi SMA Negeri 4 Bukittinggi . Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(1), 120-130. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i1.1496
Section
Articles text

References

Amin, D. N. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan Brainstorming untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 2-15.
Exsis Tensial Sepritual. Jurnal Al- Tadzkiyyah, 9(1), 37-59.
Fatmawati, & Rusdiana, D. (2015). Study Literasi Pengaruh Penerapan Pembelajaran Model SAVI yang Menggunakan Metode Brainstorming Terhadap Konsistensi Konsepsi dan Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4, 123-128.
Hidayat, R. (2022). Pengaruh Moderenisasi Dalam Menjaga Pandangan Religiositas Masa Pandemi Covid-19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(2), 65-76.
Natania , W., Nazmi, R., & Junaidi, J. K. (2022). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Brainstorming pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X IPS 3 SMAN 1 Pantai Cermin. Jurnal Pendidikan Sejarah, 7(2), 362-368.
Sabri, G. H. (2021). Perancanngan Sensor Sepatu Portable untuk penyandang Tunanetra dengan metode Brainstorming. Energy & Engineering, 374-378.
Sanaky, H. A. (2003). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Insania Press.
Siregar, M. (2019). Penerapan Metode untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Pangkatan Labuhan Batu Tahun pelajaran 2013/2014. CIVITAS, 1(1), 27-33.
SISDIKNAS, U. (2003). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Alfabeta.
Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Syamhari. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbicara dengan menerapkan metode Curah gagasan atau Brainstorming. Jurnal Adabiyah, 12(2), 55-69.
Tampubolon, R. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming dalam meningkatkan Hasil belajar Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN 164319 Tebing Tinggi. SEJ, 10(3), 238-246.
Wahyudi, D., & Agustin, N. (2018). Upaya Meningkkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Naturalistik
Yazid, M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata pelajaran PKN di SMA Negeri 1 Wojadompu. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(2), 510-517.
Yusuf, & Trisiana, A. (2019). Metode Brainstorming Tertulis : Teknik curah pendapat dengan memaksimalkan keterlibatan semua peserta dalam pengambilan keputusan. Adiwidya, 3(2), 108-116.