PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF DI ERA DIGITAL

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru profesional sebagai fasilitator dalam mengembangkan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif di era digital. Latar belakang kajian ini adalah munculnya tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi yang menuntut adanya transformasi dalam sistem pendidikan. Guru dalam konteks ini diposisikan bukan sekadar sebagai penyampai materi, melainkan sebagai pendamping aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui studi literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru profesional memiliki peranan penting dalam mengintegrasikan teknologi guna menciptakan pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan bermakna. Di samping itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya peningkatan kompetensi digital guru sebagai bagian dari tuntutan profesionalisme di tengah tantangan pendidikan abad ke-21.

How to Cite
PERAN GURU PROFESIONAL SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN YANG INOVATIF DAN KREATIF DI ERA DIGITAL. (2025). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2). https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3470

Maulidah Fahdia

Sunan Ampel Surabaya Islamic University

Arum Lestari

Munawir

Afendi, M. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis digital dan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 45–55. https://doi.org/10.xxxx/jpi.v15i1.1234

Afriani, D., Suryani, N., & Prasetyo, A. (2023). Profesionalisme guru dalam pembelajaran digital: Tantangan dan strategi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 101–112. https://doi.org/10.xxxx/jtp.v25i2.4567

Lestari, R., & Kurnia, T. (2023). Transformasi peran guru di era digital dalam mendukung pembelajaran inovatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 18(3), 189–198. https://doi.org/10.xxxx/jipd.v18i3.7890

Putra, W. K., Sofwan, M., & Noviyanti, S. (2022). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan integrasi teknologi pada siswa kelas IV SDN 124/VIII Sidorejo. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 115–121. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3861

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi pedagogik guru sekolah inklusi di Indonesia (suatu pendekatan systematic review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(3), 450–460. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3152

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.