PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DAN TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI/SD

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memainkan peran penting dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam menanamkan nilai-nilai demokrasi dan toleransi sejak usia dini. Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD), pengajaran PKn bertujuan untuk membekali siswa dengan pemahaman tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara serta pentingnya menghargai perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan kewarganegaraan dapat menanamkan nilai demokrasi dan toleransi pada siswa MI/SD. Metode yang digunakan adalah library research, yang mengkaji berbagai literatur terkait pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn dapat diterapkan dengan baik melalui pendekatan berbasis diskusi, kerja kelompok, dan simulasi kehidupan demokrasi, yang membantu siswa untuk memahami prinsip-prinsip tersebut secara langsung. Meskipun demikian, implementasi pendidikan ini menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas pendukung dan pemahaman yang belum merata di kalangan pendidik.

How to Cite
PENANAMAN NILAI DEMOKRASI DAN TOLERANSI MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI MI/SD. (2025). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2). https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i2.3606

Sabariah sabariah

IAIN Palangka Raya

Annafis, A. W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ppkn Siswa Kelas Iii Sdn Purwosari 1 [Undergraduate, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. https://repository.unissula.ac.id/34475/

Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), Article 1. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403

Astuti, A. R. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasilbelajar Pkn Siswa Kelas Iv Sdncentre Mangalli Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. https://eprints.unm.ac.id/29196/

Deluma, R. Y., Hermanto, & Setiawan, B. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Dewa Publishing.

Elita, L., Maulida, M., & Wahyuni, W. (2024). Penanaman Sikap Toleransi pada Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 14–14. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.564

H. Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Jakad Media Publishing.

Istianah, A., Darmawan, C., Sundawa, D., & Fitriasari, S. (2024). Peran Pendidikan Kebinekaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Damai. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10192

Khakim, N. (2025). Optimalisasi Pembelajaran PPKN dengan Metode Inquiry Learning dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Demokrasi. Jurnal Citizenship Virtues, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37640/jcv.v5i1.2054

Lubis, M. A., Sabri, Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Buku Ajar untuk PGSD/PGMI. Samudra Biru.

Mazid, S., & Istianah, A. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Sekolah Damai Untuk Wujudkan Lingkungan Masyarakat Aman dan Sejahtera. Al-I’timad: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35878/alitimad.v1i2.907

Mudiono, A. (2024). Pembelajaran Literasi Menulis Cerita di SD. Surya Pena Gemilang.

Nasruddin. (2024). Tantangan Dan Tren Masa Depan Dalam Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.

Nur, U., Sukarno, M., & Hardiyanto. (2023). Partisipasi Politik dan Keterlibatan Masyarakat Pada Pemilu: (Studi Kasus: Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul). Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.32734/politeia.v15i2.10330

Qondias, D. (2025). Kecenderungan Gaya Belajar Visual Auditori Dan Kinestetik Pada Pendidikan Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23258

Saputra, A. D., & Tunnafia, A. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar. Phenomenon : Multidisciplinary Journal Of Sciences and Research, 2(02), Article 02. https://doi.org/10.62668/phenomenon.v2i02.1222

Sihotang, D. O. (2024). Harmoni Moderasi Beragama: Pemahaman, Kesadaran, dan Penerapannya. Penerbit P4I.

Sofha, G. F., Nabila, I., Yusriyyah, M. Z., & Annisa, N. (2023). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Advances In Social Humanities Research, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.46799/adv.v1i4.47

Sukamsi, S., Rahim, A., & Rohmah, S. N. (2025). Peran Organisasi Pelajar dalam Pendidikan Politik di Ma’had Al-Zaytun Perspektif Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 dan Fiqh Siyasah Dusturiyah | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://www.jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7625

Sulistianingsih, S., Ajung, A., Alkani, S., & Kasih, R. (2024). Strategi Penguatan Karakter Demokratis Melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Proyek. Jurnal Citizenship Virtues, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37640/jcv.v4i2.2055

Syathori, A. (2023). Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I.

Yasila, K., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Pluralitas Masyarakat Indonesia. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.33061/jgz.v11i1.7465