Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SD/MI
Setiap anak melalui tahapan perkembangan yang berbeda-beda dalam kehidupannya, dari beberapa macam perkembangan, salah satunya merupakan aspek pengembangan nilai agama dan nilai moralitas. Modernisasi zaman memiliki efek mengurangi kesadaran akan pentingnya nilai agama bagi anak. Jadi, untuk menanamkan nilai-nilai agama harus dibiasakan sejak dini. Salah satu metode yang digunakan oleh guru atau pendidik untuk menanamkan moralitas agama pada anak melalui metode cerita atau mendongeng. Perlunya penanaman akhlak agama dalam metode mendongeng supaya nilai-nilai yang diajarkan dapat dihayati dan dimaknai oleh anak-anak tanpa dipaksa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode teknik pengumpulan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan mendongeng dapat mempengaruhi moral keagamaan anak ketika kegiatan mendongeng atau bercerita tersebut dilakukan dengan penyampaian yang tepat dengan memilih cerita yang sesuai serta dengan memberikan contoh teladan bagi anak-anak.
Fahmi, Muhammad Nahdi, dan Sofyan Susanto. “Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar:” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 7, no. 2 (31 Agustus 2018): 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592.
Fatwa, Alyan. “Implementasi Pembelajaran Karakter Religius Siswa SDIT Alam Bina Insani Melalui E-Book Cerita.” Indonesian Journal of Islamic Elementary Education 3, no. 1 (31 Mei 2023): 53–66. https://doi.org/10.28918/ijiee.v3i1.6939.
Hadisa, Putri. “Penggunaan Ebook Cerita untuk Mengembangkan Nilai Moral Anak TK/SD.” Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2017).
Jaya, I. Made Laut Mertha. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia, 2020.
Luthfiyah, Rifa, dan Ashif Az Zafi. “Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.” Jurnal Golden Age 5, no. 2 (31 Desember 2021): 513–26. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3576.
Masruri, Ahmad. “Signifikansi Penerapan Metode Cerita Bernuansa Islami dalam Menumbuhkan Kedewasaan Beragama bagi Anak Milenial.” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam 4, no. 01 (30 April 2021): 177–88. https://doi.org/10.36670/alamin.v4i01.90.
Murdiyanto, Eko. Penelitian Kualitatif (Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN ”Veteran” Yogyakarta Press, 2020. http://eprints.upnyk.ac.id/24095/.
Qurrata ’Ayuna, dan Fitriani Fitriani. “Peningkatan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini melalui Cerita Islami.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA) 3, no. 4 (2018). http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/96.
Rahmawati, Rina Dian, dan Muhammad Irfan Fauzi. “Penerapan Metode Cerita Islami Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI ( SMK Tarbiyatunnasi’in Pacul Gowang Diwek Jombang ).” Jurnal Education and Development 9, no. 4 (5 November 2021): 443–46.
Sinaga, Devi Yusnila, Sukron Habibih Hasibuan, dan Eji Habibah Sembiring. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Moral Keagamaan.” TARBAWI:Journal on Islamic Education 6, no. 1 (9 Agustus 2022): 1–16. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.1249.
Susanti, Meryl Dwi. “Pengaruh Kegiatan Bercerita dengan Buku Cerita Islami terhadap Perilaku Moral Anak.” Visi 8, no. 1 (2013): 260130. https://doi.org/10.21009/JIV.0801.6.
Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.