Implementasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar: Tantangan dan Rekomendasi untuk Meningkatkan Kesehatan Siswa
Program kesehatan sekolah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan siswa secara global. Penelitian ini mengevaluasi implementasi Program Sekolah Sehat dan dampaknya pada kebiasaan hidup siswa di tiga sekolah dasar menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi. Hasilnya menunjukkan variasi dalam penerapan program di ketiga sekolah. Sekolah dengan dukungan penuh dari kepala sekolah dan keterlibatan aktif guru cenderung berhasil lebih baik. Sebaliknya, sekolah dengan kendala infrastruktur dan sumber daya manusia menghadapi kesulitan. Dampak program juga bervariasi; sekolah dengan lingkungan yang mendukung dan siswa yang aktif menunjukkan peningkatan dalam pola makan sehat, aktivitas fisik, dan kesadaran kesehatan. Tantangan utama termasuk keterbatasan sumber daya, kurangnya keterlibatan siswa, dan masalah infrastruktur. Rekomendasi mencakup penelitian lebih mendalam tentang faktor pendukung, analisis peran lingkungan sekolah, dan studi komparatif antar-sekolah untuk pemahaman lebih holistik. Penelitian lanjutan diperlukan untuk strategi implementasi program kesehatan sekolah yang lebih efektif.
Ananda, W., Yulianingsih, N. F. A., & Ds, Y. N. (2022). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.52802/pancar.v6i1.332
Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1196
Banjarnahor, R. O., Banurea, F. F., Panjaitan, J. O., Pasaribu, R. S. P., & Hafni, I. (2022). Faktor-faktor risiko penyebab kelebihan berat badan dan obesitas pada anak dan remaja: Studi literatur. Tropical Public Health Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.32734/trophico.v2i1.8657
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi Ketiga). Pustaka Pelajar.
Herdiyanti, P. (2019). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Hanata Widya, 8(2), Article 2.
Hestiningtyas, R., & Saifudin, M. F. (2021). Implementasi Program Sekolah Sehat Berkarakter di SD Muhammadiyah Condongcatur. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p33-42
Irawan, M. F., Zulhijrah, Z., & Prastowo, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(3), Article 3. https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20716
Jasmine, D. M. (2022). Intervensi Diet pada Pencegahan Obesitas Anak. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35912/jimi.v1i2.971
Lisnawati, I. (2023). Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Kualitas Hidup Di Desa. JIKES : Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(1), Article 1.
Lubis, L. T., Sati, L., Adhinda, N. N., Yulianirta, H., & Hidayat, B. (2019). Peningkatan Kesehatan Mental Anak dan Remaja Melalui Ibadah Keislaman. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(2), Article 2. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(2).3898
Masri, E., Wahyuni, N. P., & Rini, A. M. (2019). Perilaku Memilih Jajanan Dan Kantin Sehat Siswa Sekolah Dasar Dengan Edukasi Media Komik. JURNAL KESEHATAN PERINTIS, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.278
Mustar, Y. S., Susanto, I. H., & Bakti, A. P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58258/jisip.v2i2.359
Nabila, S. A., Rahmiwati, A., Novrikasari, N., & Sunarsih, E. (2024). Perilaku Pola Makan dan Aktivitas Fisik terhadap Masalah Obesitas: Systematic Review: Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 7(3), Article 3. https://doi.org/10.56338/mppki.v7i3.4533
Nurochim, N. (2020). Optimalisasi program usaha kesehatan sekolah untuk kesehatan mental siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.29210/141400
Rahmiwati, A., Sitorus, R. J., Arinda, D. F., & Utama, F. (2019). Determinan Obesitas Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/jk.v11i2.7537
Retmana, I. (2023). Implementasi Dukungan Kebijakan Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Literasi Kesehatan Untuk Penanganan Covid-19. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.93
Rozi, F., Zubaidi, A., & Masykuroh, M. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Menerapkan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39788
Sinuhaji, F. U. B., Romanto, R., Hilmi, N., Irawan, M. F., Nurhijatina, H., Ramaili, J., Gitasmara, R. D. N., Rohmaniyah, A., & Santosa, S. (2023). Integrasi Ilmu Pendidikan Dasar Dengan Ilmu Islam Madrasah Ibtidaiyah. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://zenodo.org/records/10485963
Subagio, A., & T, A. Y. (2024). Analisis Kebutuhan Sumber Daya dan Infrastruktur dalam Pengembangan Rencana Pengelolaan Sekolah yang Berkelanjutan. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (Online), 1648–1656.
Takain, G. N., & Iriani, A. (2022). Evaluasi Program Sekolah Sehat di Sekolah Menengah Pertama. Mimbar Ilmu, 27(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.43420
Vilian, M. T., & Minsih. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152–161. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.419
Wulandari, T., Nirwana, I., & Nurlinda, N. (2022). Partisipasi Orang Tua Terhadap Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Ramah Anak Kabupaten Sleman. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.30631/71.9-14