Personal Branding: Membangun Karakter Melalui Content Writing Berbasis Media Sosial

  • Musrifah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah
Keywords: Personal Branding, Content Writing, Media Sosial

Abstract

Dalam era komunikasi digital saat ini, siapapun sepakat media sosial memiliki pengaruh besar dalam banyak hal. Salah satunya untuk membangun personal branding. Dalam konteks komunikasi pemasaran, branding dikenal sebagai cara untuk membentuk persepsi positif publik atas produk tertentu sehingga mendorong keputusan pembelian dan terjadinya transaksi.

Menariknya, branding kini bukan hanya giat dilakukan oleh korporat, institusi, dan pebisnis, tapi juga oleh individu untuk membentuk identitas dan membangun karakter pribadi seseorang. Aktivitas ini yang kemudian dikenal dengan nama: personal branding.

Penulis mendapati beberapa strategi content writing yang dapat dipraktikkan dalam membangun personal branding. Strategi content writing tersebut peneliti sebut sebagai : Showing, Telling, Personal Selling, Adapting, dan Understanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harjanto, Rudi. 2009. Prinsip-Prinsip Periklanan. Dewan Perguruan Periklanan Indonesia
Juju, D, dan Sulianta, F. 2010. Branding Promotion With Social Network. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.
Khiyaroh, Intihaul. “Analisis Masyarakat Konsumsi: Komodifikasi Jomblo Melalui Speed Dating”. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (June 16, 2021): 77-84. Accessed June 28, 2022. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/856.
Lee, Monle & Carla Johnson. 2009. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Prenada Media. Jakarta
Mubarok Ahmadi, and Tri Tami Gunarti. “Etika Berkomunikasi Di Media Sosial Dalam Mensikapi Informasi Penyebaran Covid 19 Di Lamongan: Studi Etnografi Virtual Di Media Sosial Instagram Pada Akun dinkes_kablamongan”. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 1 (June 16, 2021): 31-38. Accessed June 28, 2022. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/680.
Montoya, P. dan Vandehey, T. 2008. The Brand Called You: Make Your Bussiness Stand Out in a Crowded Market Place. USA: McGraw-Hill
Montoya, Peter. 2002. The Personal Branding Phenomenon: Realize Greater Influence, Explosive Income Growth and Rapid Career Advancement by Applying the Branding Techniques of Michael, Martha & Oprah. USA: Peter Montoya Incorporated.
Raharjo, Farco Siswiyanto. 2019. The Master Book of Personal Branding. Quadrant: Yogyakarta.
Shimp. 2003. Periklanan dan Promosi; Aspek tambahan pemasaran terpadu. Erlangga. Jakarta
Tamimy, Muhammad Fadhol. 2017. Sharing-Mu Personal Branding-Mu. Visimedia: Jakarta.
Internet
10 Fakta Unik Facebook oleh Aisyah Kamaliah di https://inet.detik.com/ Jumat, 25 Sep 2020. Diakses 29 Januari 2022
https://inet.detik.com/cyberlife/d-5857733/jumlah-pengguna-instagram-kian-mencengangkan-
Published
2022-06-30
How to Cite
Musrifah. (2022). Personal Branding: Membangun Karakter Melalui Content Writing Berbasis Media Sosial. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 1 - 15. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/863