Alhamdulillah Rabb al-'Alamin, puji syukur panjatkan kehadirat Allah S.W.T  Yang Maha Esa karena atas rahmat dan inayah-Nya sehingga Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 7 Nomor 2 Desember 2024 ini dapat terbit. Shalawat dan salam senantiasa tercurah keharibaan Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarga dan para pengikutnya termasuk para muhadditsin yang senantiasa memelihara dan menghidupkan sunnahnya. Sekalipun banyak didapatkan fenomena tentang kajian dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 7 Nomor 2 Desember 2024 ini, pengelola sudah berusaha mengumpulkan data-data yang mencakup kajian Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun demikian, pastilah ditemukan banyak kekurangan. Oleh karena-nya perbaikan dan koreksi menjadi tanggung jawab bersama. Redaksi menyadari sepenuhnya Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 7 Nomor 2 Desember 2024 ini telah melalui pengeditan dengan sempurna, paling tidak ini bisa menjadi langkah awal “starting point” untuk memotivasi penulis-penulis yang lain dalam meneliti untuk melahirkan karya-karya lain yang lebih baik, berbobot dan mempublikasikan dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 7 Nomor 2 Desember 2024 ini.

Published: 2024-12-30

Pembiasaan Mufrodat Pagi dalam Melatih Kemampuan Bilingual (Indonesia, Arab) pada MI Miftahul Huda Ngadireso Poncokusumo Malang


Nurul Ilmi Badrud Dhujjah Universitas islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Anadila Shinta Asfia Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Arrum Puji Lestari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Nur Nisa’atul Khasanah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

164-172

Abstract View: 102 , Download: 31
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.1450

Pembelajaran Terpadu Model Sequenced di Sekolah Dasar


Imas Yuningsih UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Fitri Adelia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Asep Ediana Latip UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

173-178

Abstract View: 165 , Download: 121
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2304

Implementasi Metode Jigsaw pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 di Sekolah Dasar


Hendi Susanto Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
Suheri Widianto Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

179-187

Abstract View: 136 , Download: 26
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.1682

Analisis Problematika Guru dalam Pembelajaran Arab Melayu di SDN 008 Sungai Simbar


Rivaldi Wiratama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Reskika Sapriani SD Alumlum Islamic School Pekanbaru

188-199

Abstract View: 108 , Download: 10
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2296

Integrasi Ilmu Islam dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah


Mirna Astuti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

200-207

Abstract View: 124 , Download: 23
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2483

Pengaruh Metode Edutainment terhadap Keterampilan Bahasa Arab Kelas V di Sekolah Dasar


Tiara Mudi Azahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Alvin Yanuar Rahman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Dadan Fitria Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

208-213

Abstract View: 118 , Download: 15
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2491

Pengembangan Media Pembelajaran KOTASU untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI pada Materi Tata Surya


Yolanda Putri Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
Asep Saefurohman Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
Juhji Juhji Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

214-222

Abstract View: 103 , Download: 29
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2558

Hambatan Belajar Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar pada Anak TKW di Daerah Kabupaten Bima


Anggita Agustina UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

223-236

Abstract View: 96 , Download: 12
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2609

Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar


Ryaz Ramallah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Fidrayani Fidrayani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

237-249

Abstract View: 99 , Download: 35
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2684

Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V MI Ar-Raudhah


Eva Naulia Anwar Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
Muhammad Syabrina Institusi Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia
Sulistyowati Sulistyowati Institusi Agama Islam Negeri Palangkaraya, Indonesia

250-258

Abstract View: 156 , Download: 16
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2703

Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MIN 7 Ponorogo


Yushfa Yufrida Nazzun Nisa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Ayok Ariyanto Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia
Azid Syukroni Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

259-272

Abstract View: 80 , Download: 15
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2853

Konsep Tanggungjawab Siswa Sekolah Dasar (SD/MI) dalam Perspektif Teori Tindakan Sosial Max Weber


Tina Melinda Tamba UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Shaleh Shaleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

273-283

Abstract View: 83 , Download: 52
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2514

Penilaian Afektif Guru pada Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar


Nurul Ramadhani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Shaleh Shaleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

284-296

Abstract View: 80 , Download: 53
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2492

Integrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Proyek P5 di SDN 7 Pahandut Palangkaraya


Nor Hapipah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Sadya Santosa UIN Suanan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

297-310

Abstract View: 76 , Download: 19
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2493

Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur


Iin Nur Indah Rahmawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Nurul Manzilatul Uliya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Samsul Susilawati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

311-323

Abstract View: 124 , Download: 55
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v7i2.2666