Kajian Living Qur’an: Pembacaan Ayat-Ayat Pilihan Sebagai Thematic Actual Curriculum Di Pondok Pesantren Al-Wafa Cibiru Bandung

Pondok Pesantren Al-Wafa memiliki tradisi yang cukup unik, yaitu pembacaan ayat-ayat pilihan yang dilaksanskan setiap Sabtu pagi. Berbeda dengan kebanyakan Pondok Pesantren pada umumnya yang mentradisikan pembacaan ayat-ayat seperti Ayatul Khirz, Al-Waqi’ah, atau Al-Mulk, Pondok Pesantren Al-Wafa justru mentradisikan pembacaan ayat-ayat pilihan yang berkaitan dengan Aqidah dan akhlak seperti Q.S. Luqman: 12-19. Hal tersebut menarik diteliti untuk mengetahui bagaimana penerapan pembacaan ayat-ayat pilihan di Pondok Pesantren Al-Wafa, Bagaimana latar belakang pembacaan ayat-ayat pilihan di Pondok Pesantren Al-Wafa, serta bagaimana resepsi santri terhadap pembacaan ayat-ayat pilihan di Pondok Pesantren Al-Wafa. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan pendekatan teori resepsi eksegesis, estetis dan fungsional Ahmad Rafik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembacaan ayat-ayat pilihan tersebut merupakan salah satu penerapan Thematic Actual Curriculum dan diresepsi secara eksegegsis yang tercermin ketika santri merasa harus mengaplikasikan apa yang mereka pahami dari pembacaan ayat-ayat pilihan dalam kehidupan sehari-hari, secara estetis yang tercermin ketika santri merasa bahwa terdapat keindahan kesesuaian antara hukum dan nilai-nila dalam Al-Quran dengan realitas kehidupan sehari-hari, dan secara fungsional tercermin ketika santri merasa jauh lebih tenang, tentram, bahagia, dan menambah khazanah ilmu ketika mereka mengikuti tradisi pembacaan ayat-ayat pilihan tersebut.

How to Cite
Putri, Widia Duwi, and Ilzam Hubby Dzikrillah Alfani. “Kajian Living Qur’an: Pembacaan Ayat-Ayat Pilihan Sebagai Thematic Actual Curriculum Di Pondok Pesantren Al-Wafa Cibiru Bandung”. Madinah: Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (December 10, 2023): 225–238. Accessed August 4, 2025. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/madinah/article/view/1881.

Widia Duwi Putri

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ilzam Hubby Dzikrillah Alfani

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ahmad, Fitriana Rusyai Ali. “Urgensi Penanaman Aqidah Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan Tadarus Tarbawy 1, no. 2 (2019).

Albi, Anggito, and Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edited by Ella Deffi Lestari. Sukabumi: CV Jejak. 1st ed. Vol. 245. Sukabumi: CV Jejak, 2018.

Alfani, Ilzam Hubby Dzikrillah. “Konsekuensi Berlebihan Dalam Beragama Perspektif Tafsir Al-Qur’an: Sebuah Kajian Tematik.” ANWARUL 3, no. 3 (May 9, 2023): 417–432. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul/article/view/1091.

———. “Maulid Diba’ Sebagai Peningkat Religiusitas Mahasantri Komplek H Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta.” ISLAMIKA 5, no. 3 (July 1, 2023): 998–1017. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/3526.

Alif, Naufaldi, Laily Mafthukhatul, and Majidatun Ahmala. “Akulturasi Budaya Jawa Dan Islam Melalui Dakwah Sunan Kalijaga.” Al’adalah 23, no. 2 (2020): 143–162.

Arifin, M Zaenal, Diah Handayani, Sarawut Phantawi, and Nattapon Nipapan. “Studi Living Qur’an: Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Prosesi Isi Qubur Di Kota Bangkok Thailand.” Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 14, no. 1 (2016): 122–134.

Atabik, Ahmad. “CORAK TAFSIR AQIDAH (Kajian Komparatif Penafsiran Ayat-Ayat Aqidah).” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 17, no. 2 (2016): 209.

Baihaqi, Nurun Nisaa, and Aty Munshihah. “Resepsi Fungsional Al- Qur’an : Ritual Pembacaan Ayat Al- Qur ’ an Dalam Tradisi Nyadran Di Dusun Tundan Bantul Yogyakarta” 6 (2022): 1–14.

Fatmawati, Erma. Profil Pesantren Mahasiswa. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2015.

Fauziyah, Siti. “Pembacaan Al-Qur ’ an Surat-Surat Daar Al-Furqon Janggalan Kudus (Studi Living Quran).” Ilmu Al-Qur’an Tarfsir dan Hadist 15 (2014): 22.

Haq RD, Amirul, and M. Khatami. “Studi Ayat-Ayat Al-Quran Tentang Pembinaan Akhlak.” Proceedings of International Conference on Islamic Studies “Islam & Sustainable Development” (1978): 184–190.

Iser, Wolfgang. The Act of Reading: A Theory of Aesthetic Respone. Baltimore: John Hopkins University Press, 1987.

Misrawi, Zuhairi. Al-Quran Kitab Toleransi. Jakarta: Grasindo, 2010.

Murphy, James, Fergal W Jones, and Dennis Nigbur. “Allah Has Told Us Everything: An Interpretative Phenomenological Analysis Exploring the Lived Experiences of British Muslims.” Archive for the Psychology of Religion (2023): 008467242311584.

Noviana, Cici Noviana, John Supriyanto, and Deddy Ilyas. “Resepsi Masyarakat Pondok Pesantren Subulussalam Syarif Hidayatullah Putri Terhadap Tradisi Pembacaan Surat-Surat Pilihan.” Al-Misykah: Jurnal Studi Al-qur’an dan Tafsir 2, no. 2 (2021): 1–21.

Putri, Widia Duwi. “Etika Berpakaian Dan Hak Perempuan Dalam Perspektif Tafsir An-Nur.” Khulasah: Islamic Studies Journal 5, no. 1 (2023): 56–70.

Rafiq, Ahmed. “The Reception of the Qur’an in Indonesia : A Case Study of the Place of the Qur’an in a Non-Arabic Speaking Community.” Temple University, 2014.

Rahmah, Atia. “Tradisi Pembacaan Ayat-Ayat Pilihan: Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mu’awanah Cibiru Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023.

RI, Kemenag. Al-Quran Dan Terjemah. Bandung: Mikraj Khazanah Ilmu, 2011.

Romadon, Saiful. “MANAJEMEN RISIKO REPUTASI PONDOK PESANTREN TERHADAP PEMBERITAAN PELECEHAN SEKSUAL (Studi Kasus Pada Yayasan Madani Boarding School Cibiru Kota Bandung).” Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial 7, no. 1 (2022): 361.

Rustandy, Syam. “TRADISI PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN DALAM ALQURAN Kajian Living Quran Di Pondok Pesantren Attaufiqiyyah Baros, Kab. Serang.” Universitas Islam Negeri" SMH" Banten, 2018. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2930.

Suradi, A. “Transformasi Tradisi Pesantren Dalam Menghadapi Era Globalisasi.” Jurnal Pendidikan,Sosial dan Keagamaan 14, no. 1 (2018): 16–42.

Wasik, Abdul. “Pengaruh Kebersihan Lingkungan Terhadap Ketenangan Hati : Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Wafa Bandung.” UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

Yahya, Mohamad. “Al-Qur’an Dalam Kebudayaan Hikmah Pesantren: Pemaknaan, Performasi-Diskursif, Dan Produksi Kultural.” Disertasi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.