Implementasi Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD/MI

Main Article Content

Suparlan Suparlan

Abstract

Effective learning methods are those that efficiently achieve educational goals while considering learners characteristics. Singing emerges as a highly favored approach among children due to its lively and joyful nature, fostering active participation. Learning outcomes, a result of the interplay between teaching and learning activities, are elucidated through the understanding of results and learning. Results signify the functional changes resulting from an activity, while learning represents an individuals efforts to undergo behavioral change. Learning is a directed process aimed at achieving predetermined competencies, involving activities such as observing, creating, problem-solving, listening, and practicing. The culmination of these activities defines the acquired abilities of students after the learning process. Singing, as a method, exemplifies its effectiveness through its ability to create a positive and dynamic learning environment, engaging children in a participatory and enjoyable manner.


 

Article Details

How to Cite
Implementasi Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD/MI. (2023). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 90-101. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1593
Section
Articles

How to Cite

Implementasi Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD/MI. (2023). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 90-101. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1593

References

Afrani, N. (2018). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung Di SDS Hubbulwathan Duri. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(2), 231-243.

Alias, M., Haryanti, Y., & Wahdah, W. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Kelas Iv Sdlb-C Dharma Asih Pontianak Tahun 2017. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1)

Bonny Danuatmaja, Terapi Anak Autis Di Rumah (Jakarta: Puspa Swara, 2003).

Fadlillah Muhammad, Desain Pembelajaran PAUD (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012).

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Firdianti, A. (2018). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Haryanti, F. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III A Pada Pembelajaran Matematika (Perkalian) Di MI Al Mursyidiyyah (Bachelor's thesis).

Haryanti, F. (2021). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III A Pada Pembelajaran Matematika (Perkalian) Di MI Al Mursyidiyyah (Bachelor's thesis).

Herminingsih, H., Askar, A., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Peran Teori Belajar Deskriptif Dan Preskriptif Dalam Pendidikan. Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 73-78.

HM, M. A. (2020). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 44-59.

Hutabarat, H. S. (2020). Minat Belajar Mengenal Huruf Abjad Siswa Dengan Metode Bernyanyi. Ittihad, 4(2).

Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Deepublish.

Julaeh, T. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Rasmitham Wittaya (Thailand Selatan).

Kanusta, Maria. Gerakan Literasi dan Minat Baca. CV. Azka Pustaka, 2021.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh cara dan motivasi belajar terhadap hasil belajar programmable logic controller (PLC) siswa kelas III jurusan listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek, 1 (2), 1-6.

Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3), 300-306.

Nasution, S. (2012). Metode Konvensional Dan Inkonvensional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Ningsih, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Evaluasi Program Kepelatihan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 126-136.

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo, 1, 1-15.

Nurmalaysia, A., & Ibrahim, M. (2020). Penerapan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MA Muallimin Muhammadiyah Makassar. Al-Maraji': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Qomaruddin, A. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Tawadhu, 1(2), 272-290.

Sihombing, L. B. (2015). Peranan Nyanyian Sebagai Suatu Metode Pendidikan Karakter Anak pada Sekolah Taman Kanak-Kanak. Generasi Kampus, 8(2).

Triatnasari, V. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B Min 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Ulfatin, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wani, K. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Sinektik Dalam Meningkatkan Kreatif Belajar Matematika Pada Siswa SMK Swasta Sinar Husni Deli Serdang TP 2016/2017 (Doctoral dissertation).

Yuningsih, I., & Masyithoh, S. (2023). Semangat Belajar Siswa MI/SD dan Pengaruh Penggunaan Gadget. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 6(1), 10-20.

Zein, M. (2016). Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.