Dzikir Anak Sulis: Pendekatan Musikal untuk Menanamkan Keesaan Tuhan Pada Anak Usia Prasekolah
Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman untuk seluruh orang tua agar dapat memberikan penanaman nilai keesaan Allah SWT kepada anaknya sejak usia dini. Penanaman nilai keesaan Tuhan dapat dilakukan dengan berbagai cara, penelitian ini memberikan pendekatan musikal melalui lagu nasyid yang dibawakan oleh Sulis dengan judul Dzikir Anak guna penanaman nilai keesaan Allah dengan mudah, karena kandungan lirik pada lagu tersebut memiliki nilai tentang keesaan Allah SWT yang mudah dicerna oleh anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode liberary research karena mencari informasi menggunakan studi pustaka. pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang mengumpulkan data untuk melengkapi hasil penelitian. Teknik analisa data menggunakan pendapat Miles dan Huberman. Dengan adanya nilai keesaan dalam lirik lagu tersebut dapat menjadi pendekatan yang sesuai digunakan untuk menstimulus anak usia dalam menanamkan nilai keesaan Allah SWT. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi setiap orang tua untuk menggunakan nasyid Sulis berjudul Dzikir Anak yang dapat dituju bagi anak usia pra sekolah karena lirik yang mudah untuk dipahami.
Adawiyah, Sophi Fitria, Suci Rizki, Amalia Syahrul, and Gunawan Yulia. “Gunung Djati Conference Series , Volume 22 ( 2023 ) CONFERENCE SERIES LEARNING CLASS Eksistensi Tauhid Dalam Kehidupan Zaman Sekarang.” Gunung Djati Conference Series, 22 (2023): 431–433.
Ambarwati, Wilis Dwi. “Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Didik Paud Di Tk Dharmawanit Wringinanom Melalu Metode Bernyanyi.” Jurnal Pendidikan Sendratasik 12, no. 1 (2023): 166–179.
Ansori, S B, and N Sugiarti. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Anak Usia Dini Dengan Metode Bernyanyi.” Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam … 10, no. 01 (2022).
Astuti, Nurul Puji, and Sri Watini. “Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8, no. 3 (2022): 2141.
Aulia, Agvely, and Deni Setiawan. “Pentingnya Pembelajaran Musik Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 6, no. 01 (2022): 160–168.
Fadilah, Siti Rany Nur; Heri Hidayat; Zainal Muftie. “PENGARUH KEGIATAN BERNYANYI LAGU RELIGI TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 13, no. 1 (2023): 25–31.
Hamka, Nur Afia; Musyarrafah; Syarifah Alifah. “EKSISTENSI LAGU OJO DIBANDINGKEDALAMPENDIDIKAN ANAK USIA DIN.” Jurnal Awladuna 1, no. 1 (2023): 12–17.
Hanipudin, Sarno. “Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap.” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 6, no. 2 (2021): 117.
Haula, Siti. “Strategi Guru Dalam Memberikan Pemahaman Tauhid Kepada Anak Di TK Hubulwaton, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2, no. 2 (2022): 407–416.
Ibrahim, Jumadi, Nur Hidayah, Lailla Hidayatul Amin, and Elihami Elihami. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim Dan Ismail (Studi Analisis Surat Ash Shaffat Ayat 99-107 Dalam Tafsir Ibnu Katsir).” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 821–825.
Kadar Risman, Dkk. “Internalisasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Mahasiswa Melalui Perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (2022): 167–174.
Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, and Latipah Hasnah. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 17, no. 2 (2022): 273–292.
Kementrian Agama Republik Indonesia. “Qur’an Kemenag,” 2019.
Laila, Hasnaul, and Muru’atul Afifah. “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Melalui Ice Breaking Di Paud Al-Burhan Desa Pakamban Laok.” JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 3, no. 4 (2022): 243.
Luthfillah, Nuruzahra, Heri Yusuf Muslihin, and Taopik Rahman. “Analisis Pengembangan Bahasa Dan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi.” Early Childhood: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 1–13.
Munthe, Khairul Bariah, Achyar Zein, and Mohammad Al Farabi. “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Bagi Anak Usia Dasar (SD/MI) Dalam QS. Yusuf.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (2023): 128–138.
Ningsih, Sri Rahayu, and Santi Lisnawati. “Menanamkan Nilai Tauhid Melalui Kalimat Toyyibah Pada Anak Tingkat SD Di Kampung Gunung Koneng.” Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 6, no. 1 (2022).
Putri, Mayang Ananta; Nia Hourniasih; Ika Rizqi Meilya. “PENGGUNAAN METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI.” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan 8, no. 1 (2015): 9–16.
Ramadhaniar, Ramadhaniar, Tien Rafida, and Humaidah Br. Hasibuan. “Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Bernyanyi Terhadap Kemampuan Membaca Iqro’ Anak Usia Dini.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (2022): 717–725.
Rukmana, Tri, ABD Rosyid, and Fifi Elvia. “Metode Bernyanyi Islami: Penanaman Nilai Tauhid Pada Anak Sejak Dini.” AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak 8, no. 1 (2022): 14.
Salim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media, 2021.
Setiawan, Deni, Ita Kris Hardiyani, Agvely Aulia, and Arif Hidayat. “Memaknai Kecerdasan Melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4507–4518.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tia Novela dan Indra Yeni. “Efektivitas Penggunaan Talempong Pacik Terhadap Kecerdasan Musikal Di Taman Kanak-Kanak Nurul Hidayah Bukittinggi.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 1 (2020): 33–38.
Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. “MENGEMBANGKAN KECERDASAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI DI TK AL-AZHAR SIEM KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini (JIM PAUD) 7, no. 1 (2022): 62–70.
Yanuarsari, Revita, and Ella Dewi Latifah. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERHITUNG MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA FLASH CARDS (Studi Deskriptif Di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD) 2, no. 2 (2022): 128–133.